Tuesday, August 18, 2015

Jangan Buru-buru Beli JR Pass

Japan Rail Pass adalah 1 tiket sakti untuk hop on-hop off di 6 perusahaan transportasi yang tergabung dalam JR Group, termasuk kereta Shinkansen Jepang yang terkenal super cepat dan super mahal. Keterangan lengkap tentang JR Pass bisa dilihat di website resminya, http://www.japanrailpass.net/en/.



JR Pass memudahkan anda bisa naik turun kereta tanpa reservasi dan tanpa bayar lagi, JR Pass 7 hari biasanya paling cocok untuk turis, harganya 38,800 yen atau sekitar 4 juta rupiah. Apakah anda sangat perlu kartu JR Pass ini? Apakah benar bisa jadi lebih murah? Jawabannya belum tentu. Bulan Juli 2013 lalu saya pergi ke Jepang selama 11 hari dan memutuskan untuk tidak menggunakan JR Pass karena pertimbangan sebagai berikut:

Saya hanya ke 3 kota besar: Tokyo, Kyoto dan Osaka




- Jika anda mengunjungi Hokkaido, anda wajib beli JR Pass karena hokkaido jaraknya sangat jauh apalagi kalau anda hanya punya waktu 7 hari di Jepang. Kalau tidak menggunakan shinkansen, anda akan kekurangan waktu. Kalau anda memutuskan untuk ke Hokkaido namun jumlah hari anda lebih dari 1 minggu, anda bisa santai-santai menggunakan jenis transportasi lain yang lebih lambat. tidak perlu menggunakan shinkansen yang sangat mahal.


- Tokyo, Kyoto dan Osaka adalah kota paling populer bagi turis sehingga banyak sekali cara menuju ke sana. Otomatis banyak kereta/ bus murah jadi kalau memang JR Pass terasa mahal, anda bisa membeli tiket bus untuk rute antar kota tersebut. Contohnya, saya menggunakan bus malam dari Tokyo ke Kyoto. Bus malam yang terkenal adalah Willer Express, bisa dicek di websitenya: http://willerexpress.com/en/. Selain lebih murah dengan bus, kita bisa menghemat biaya menginap karena tidur di night bus Jepang yang tenyata sangat menyenangkan.
*Willer Bus Tokyo-Kyoto 4,800 yen 
  Willer Bus Osaka-Tokyo 6,000 yen

- Jika anda tidak punya JR Pass namun tetap ingin mencoba naik Shinkansen boleh-boleh saja. Anda bisa mengambil rute tersingkat Shinkansen dari Osaka ke Kyoto atau sebaliknya. Jaraknya yang super dekat membuat anda hanya perlu naik Shinkansen selama 15 menit seharga Rp 150.000 rupiah per orang. Anda dapat merasakan nyamannya naik kereta secepat peluru (bullet train) ini. Kalau saat itu bukan high season, Anda bisa membeli tiket tanpa nomor tempat duduk. Namun bila sudah masuk high season, saya sarankan anda membeli yang ada nomor tempat duduknya supaya ada kepastian. Apalagi kalau weekend, siap-siap penuh.

Sekilas tentang Willer Express:

Kenapa Night Bus di Jepang menyenangkan? Saya benar-benar kagum dengan bus Willer Express ini. Waktu saya naik bus ini, penumpang lain kebanyakan adalah orang kantoran yang esok harinya masih harus bekerja. Supir bus ini benar-benar menyadari bahwa bus ini untuk tidur, jadi si supir memberikan informasi dengan pengeras suara namun secara perlahan sehingga tidak berisik. Dan untungnya semua orang di bus ini memang langsung tidur, tidak ada yang bercanda-canda atau mengobrol. Lampu bus pun dimatikan dan entah bagaimana dia menyupir sampai kita semua  tidak merasakan benturan-benturan atau goyangan selama perjalanan. Saya bisa tidur nyenyak dan ketika sampai pun, benar-benar tepat 7 jam dan dibangunkan dengan suara yang pelan. Berbeda sekali dengan pengalaman saya naik night bus di Eropa.

Willer Express juga punya beberapa tingkat kenyamanan tempat duduk, waktu itu saya mencoba 2 macam tempat duduk yang harganya paling murah. Kedua level tempat duduk tersebut bedanya sekitar 100 ribuan, namun ternyata tidak terasa perbedaannya. Jadi kesimpulannya, tidak perlu khawatir kursi termurah tidak nyaman. Karena dari yang termurah saja menurut saya sudah nyaman. kecuali anda mengambil kursi yang termahal baru akan benar-benar terasa perbedaannya. Namun sekali lagi kursi termahal, harganya akan sama dengan harga Shinkansen. Anda pilih yang mana?

Kesimpulannya, jika anda memang cuma ke 3 kota tersebut, Tokyo, Kyoto dan Osaka apalagi di luar high season, akan lebih menguntungkan mengunakan transportasi di luar grup JR. Perhitungan point to point ticket akan sangat membantu anda memutuskan apakah anda memang memerlukan JR Pass atau tidak. Daaan...kalaupun ternyata harus pakai JR Pass, anda bisa membelinya di tour agent atau online market place seperti Tripvisto.com. Semoga bermanfaat :)

Rincian pengeluaran saya selama 11 hari di Jepang bisa dilihat di:
http://serianijessica.blogspot.com/2014/12/liburan-murah-11-hari-di-jepang-cuma-6.html
Untuk jadwal perjalanan yang berisi tempat-tempat yang dikunjungi bisa menuju post: http://serianijessica.blogspot.co.id/2015/09/itinerary-jepang-11-hari.html#more

16 comments:

Azis Wahyu P said...

Mbak Kalo mau naik Shinkasen Osaka-Kyoto itu harus beli JR Pass online atau bisa langsung on the spot?
Thanks

Jessica Seriani said...

Saya belum pernah beli tiket Shinkansen secara online, waktu itu saya datang langsung ke stasiun dan membeli tiket shinkanshen untuk 2 hari ke depan untuk memastikan saya dapat tempat. Jadi sebaiknya beli jauh2 hari saja.

M E G A S E P T R Y A said...

halo mbak, aku mau tanya untuk si willer...

jadi aku udah pesan online tapi pada saat beli tidak ada pilihan nomor kursi. apakah nomor kursi itu di dapatkan pada saat naik ke bis atau gimana ya? aku bingung, mohon infonya ya mbak...

Jessica Seriani said...

Wah lupa juga saya nomor kursinya didapat kapan. Kemungkinan besar memang beberapa menit sebelum masuk bus baru dikasih nomor kursi.

cory said...

halo mba saya mau tanya tanya tentang transportasi di jepang. terutama tentang bus dalam kota. boleh via email? terima kasih

Dyah Yasmina said...

Kebetulan saya memang lagi menyusun itinerary ke Jepang nih. Kalau ke Hokkaido, sebenarnya lebih murah naik pesawat loh, dari pada pakai JR Pass sekalipun. ANA Air sudah beberapa tahun ini menyediakan tiket 10.000 yen untuk turis. Syaratnya, datang dengan visa turis, punya tiket PP dari luar Jepang, dan beli tiket secara online dari luar Jepang (IP-nya). Tentunya jumlah tiket ini terbatas. Setelah saya hitung-hitung, jadinya saya beli tiket Tokyo-Sapporo dan Asahikawa-Tokyo total 20.000 Yen. Transport di Hokkaido, kalau berdasarkan perhitungan di Hyperdia + Bus tour Furano totalnya sekitar 9.000 Yen, sudah termasuk semua. Kalau pakai JR Pass, paling murah 29.110 Yen, itupun nggak bisa dipakai di bus tur dan metro.

SarahFJ said...

thanks di atas tips yang diberikan. sesuai untuk budget traveller :)

Kiq C said...

Halo mba, waktu pakai willer night bus pakai koper ukuran apa? Saya rencana pakai uk 26' ato 28' tapi ktnya gk bs besar2 ya? Thankyou

Kiq C said...

Halo mba waktu naik willer night bus pakai koper ukuran brapa? Saya rencana pakai ukuran 26'atau 28' ktnya kebesaran tp klo googling byk yg bawa koper besar jg. Mohon bantuan ny. Trims

miss oline said...

hallo..thanks buat infonya. sy mau tanya kalau mau ke nagano perlu pakai jr pass gak ya?
sy 10hr di japan.mau ke tokyo kyoto dan nagano. thanks

Jessica Seriani said...

@miss oline: kebetulan saya belum pernah ke Nagano jadi nggak tau nih harus pake JR Pass atau nggak...

Hime in Here said...

halo , emang kalo di liat JR pass ni mahal juga ya :(
mau tanya nih ada yang mau pergi ke jepangkah di tahun 2017 sekitar mei?
daerah yang di tuju osaka & tokyo. kalo ada boleh di info biar bisa jalan bareng :)

Rina Stefany said...

Hai mba rencana bulan depan saya mau holiday ke tokyo sama disneyland saja.apa perlu saya beli JR Pass?

Joanna Jojo1990 said...

Halo Aku mau tAnya, ak ud beli pp jkt tokyo. Kl mau k kyoto,osaka. Perlu brp hr ya?

Qyshauviezca Widisakhi said...

Maaf sy mau tanya, bln desember 2017 sy rencana ke sana dgn keluarga suami dan anak2. Yg mau tanya, itu perkiraan harga JR Pass skor 4 jt itu per orang?
Trs di bulan desember, sktr awal-pertengahan, kira2 cuaca disana bagaimana ya? Anak2 pengen ngerasain salju, sdgkan sy nggak tahan dingin, jd desember adalah pilihan utama, krn di awal musim dingin, harusnya cuacanya msh blm terlalu ekstrem ya...

910 said...

Sis, tanya donk.. rencana Mama saya mau k jpg slma 9 hari.. tujuannya memgunjungi Miyagi,Kyoto nara nagoya, yokohama, Tokyo, kawaguchiko kira2 hemat pakai jr pass atau beli terpisah yaa.
Thx b4