Thursday, January 5, 2017

Mencari Beasiswa ke Jerman

Mahalnya biaya kuliah di luar negeri membuat kita mencoba mencari sokongan dana demi menyukseskan kegitan perkuliahan kita. Bagi para calon pelajar dari Indonesia yang ingin mencari beasiswa kuliah ke Eropa (S1,S2,S3) setidaknya ada 2 macam beasiswa yang populer, yaitu LPDP dan Erasmus Mundus. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah lembaga beasiswa yang sudah banyak membantu mendukung para pelajar Indonesia untuk mencari beasiswa dan Erasmus adalah lembaga dari Eropa yang membantu para pelajar seluruh dunia untuk bisa berkuliah di Eropa.

Karena peminatnya sangat banyak, untuk bisa lolos seleksi LPDP maupun Erasmus dibutuhkan tekad yang mantap dan track record yang luar biasa mengingat uang yang dikeluarkan untuk membiayai kuliah kita adalah uang negara yang harus bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Untuk ke Jerman, kita bisa memakai 2 beasiswa ini atau mencoba juga beasiswa dari pemerintah Jerman yaitu DAAD dan pilihan terakhir, bisa melamar beasiswa dari universitas kita sendiri namun biasanya jumlahnya hanya 300 Euro perbulan selama 1 semester dan biasanya hanya bisa diapply setelah berkuliah selama 1 semester atau ketika thesis berlangsung. 

LPDP
Ini beasiswa andalan bagi masyarakat Indonesia. Yang perlu diingat, setelah lulus dari universitas, kita harus kembali ke tanah air dan membangun bangsa melalui cipta dan karya sebagai tanda terima kasih terhadap negara. Untuk mengikuti seleksi LPDP, silakan menuju website resmi LPDP berikut ini.



Erasmus Mundus
Ini dia beasiswa yang keren buat para pemburu beasiswa, karena selain jumlah beasiswanya yang besar, biasanya jurusan yang ditawarkan sangat menarik dan tidak ada duanya di program lain, Ciri beasiswa ini adalah kita berkuliah di universitas yang berbeda setiap semester, jadi kalau kita mengambil program master 2 tahun (4 semester), kita bisa beerganti-ganti universitas sebanyak 3-4 kali sesuai program yang sudah dibuatkan oleh Erasmus Mundus, Ah kerennya...Memang terlihat melelahkan, namun pengalaman dan teman baru yang kita dapatkan pasti bertambah banyak. Untuk mencoba peruntungan dari Erasmus Mundus, bisa klik di sini.


DAAD
Beasiswa DAAD termasuk terbatas dan deadlinenya seringkali terlewat, hehe...bagi yang serius ingin mendapat beasiswa dari DAAD bias amulai memantau websitenya dari jauh-jauh hari.
Tertarik DAAD? Kalian bisa coba pantau di sini.



Untuk beasiswa dari universitas silakan cek masing-masing universitas. Biasanya universitas akan melihat track record kita selama menjadi mahasiswa di semester pertama, apakah layak menerima dana bantuan atau tidak. Saya sendiri masih berjuang demi mendapatkan bantuan dana ini. Yang pasti tidak semua universitas punya sumbangan dana atau dana bantuan mengingat di Jerman hampir semua biaya kuliahnya sudah gratis.

Selamat berburu beasiswa!

No comments: